Pemkab Humbahas Salurkan Rp 1 Milyar Hibah Keagamaan


                Pemkab Humbahas telah menyalurkan hibah keagamaan di Kabupaten Humbang Hasundutan sebesar Rp 1 milyiar. Penyaluran dana itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) hibah keagamaan di Kabupaten Humbang Hasundutan tahun anggaran 2017, Selasa (10/10) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

                Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan Pemkab Humbahas memberikan hibah keagamaan sebagai bentuk kepedulian sekaligus dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan yaitu meningkatkan iman dan taqwa.  Dijelaskan, bahwa dana hibah  keagamaan tahun 2016 yang merupakan proposal 2015 tidak dapat disalurkan tahun 2016 lalu. Ini karena diakibatkan adanya penundaan DAU (dana alokasi umum), sehingga terjadi keterlambatan proses pembayaran. Namun Pemkab Humbahas terus berusaha untuk membayarkan hibah keagamaan hasil proposal 2015-2016.

                Bupati Humbahas menegaskan, supaya tidak ada pemahaman yang berbeda di tengah-tengah masyarakat,  proposal yang tidak dibayar tahun 2015 dan 2016 sebanyak 146 permohonan akan dibayar tahun 2017 ini. Saat ini dana yang tersedia Rp 1 milyar hanya cukup membayar 88 proposal. Namun Pemkab Humbahas sudah mencari solusi dengan mengusulkan dana pada P-APBD 2017 ini sebesar Rp 500.000.000, agar seluruh proposal dapat terbayarkan.  Maka perlu doa dan dukungan dari elemen masyarakat agar proses pengusulan tambahan dana itu dapat terealisasi untuk membayar 58 proposal lagi yang masih menunggu.

TANDA TANGAN: Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Sekda Saul Situmorang SE MSi, Plt Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs AP Marbun, Kepala BPKPAD Drs Jhon Harry M MA, Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit dan Anggota DPRD Humbahas Bresman Sianturi SH menyaksikan penandatanganan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) hibah keagamaan di Pendopo, Selasa (10/10).

                Dalam pertemuan itu, Bupati Humbahas mengajak dan mohon dukungan agar proses pembangunan yang sedang berjalan bisa terlaksana dengan baik. Demi kemajuan dan kebaikan bersama di Kabupaten Humbang Hasundutan. Semoga penggunaan dana pada proposal berkat bagi semua warga Humbang Hasundutan.

                Penandatanganan NPHD itu dihadiri Sekda Saul Situmorang SE MSi, Plt Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs AP Marbun, Kepala BPKPAD Drs Jhon Harry M MA, Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit, anggota DPRD Humbahas Bresman Sianturi SH, Kabag Kessos dr Sugito Panjaitan, Kabag Protokol dan lainnya.

                Sekretaris BPKPAD Zimroben Oppusunggu SE menjelaskan pemberian hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD sudah sesuai dengan peraturan Bupati Humbahas nomor 19 tahun 2017. Pemberian hibah ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah daerah sesuai urgensi dan kepentingan daerah. Dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat. Pemerintah daerah dapat memberi hibah sesuai kemampuan keuangan daerah.  Dana hibah itu akan ditransfer langsung ke rekening penerima. (rhs/Diskominfo)