Memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan : Dinas Kesehatan Laksanakan Donor Darah dan General Check-Up, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Gelar Jalan Santai


Doloksanggul- Dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini, Pemkab Humbang Hasundutan melalui Dinas Kesehatan melaksanakan donor darah dan general check up kesehatan bertempat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jumat (21/7). Puncak perayaan dilaksanakan Sabtu 29 Juli 2019 bertempat di Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.

Kadis Kesehatan dr Budiman Simanjuntak MKes yang ikut langsung melakukan check up kesehatan mengatakan pemeriksaan itu dilaksanakan dalam rangka HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan. Yang diperiksa bukan hanya kalangan dari pemerintah tapi seluruh elemen masyarakat. Tim kesehatan sudah disiapkan untuk memeriksa kolesterol, asam urat, kadar gula, pengukuran faktor resiko penyakit tidak menular, kadar kalsium tulang (osteotest), analisa lemak tubuh dan deteksi dini kanker serviks. Bukan hanya itu saja, donor darah juga dilaksanakan.

Sebelum dilakukan pemeriksaaan kesehatan, terlebih dahulu dilaksanakan gerak jalan santai dan senam kesegaran jasmani. Jalan santai dengan start dari kompleks perkantoran Tano Tubu menuju Tanah Lapang Merdeka Doloksanggul.  Jalan santai itu dilepas Kajari Humbang Hasundutan Zaidar Rasepta SH bersama-sama dengan Sekdakab Saul Situmorang SE MSi, Pabung TNI 0210/TU Mayor Junaedi T, Ketua KONI Humbahas Binsar Purba dan beberapa pimpinan SKPD.

Sekdakab Humbahas Saul Situmorang SE MSi mengatakan untuk mewujudkan visi Kabupaten Humbahas yaitu Humbang Hasundutan hebat dan bermentalitas unggul, salah satu misi yang akan dicapai peningkatan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Karena peningkatan sumber daya manusia sangat perlu mendapat perhatian. Peningkatan itu dapat dilakukan melalui gerakan olahraga untuk mencapai kesehatan dan kebugaran jasmani. Sehingga melalui olahraga ini tercipta dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Pembudayaan olahraga sangat penting, baik kalangan muda maupun tua. Sehingga sangat perlu seluruh elemen masyarakat memberikan perhatian dan melakukan olahraga.

Daerah Humbang Hasundutan, bila dibandingkan dengan daerah lain relatif tertinggal khususnya bidang olahraga. Masih sedikit prestasi yang diraih, pada hal di daerah Humbang Hasundutan banyak memiliki bibit-bibit atlet yang berpotensi. Untuk mensejajarkan itu, dibutuhkan kerja keras, kerjasama dan sama-sama bekerja dari seluruh stakeholder baik itu pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, swasta dan lainnya.

Sekda Saul Situmorang mengajak para pelajar termasuk pemuda untuk meningkatkan  prestasi olahraga. Karena melalui olahraga juga memberi peluang untuk mencapai masa depan yang lebih baik sehingga tercipta pemuda maju, olahraga jaya.  Senam kesegaran jasmani yang digelar merupakan Senam Humbahas Sehat (SHS) yang merupakan senam ciri khas Kabupaten Humbang Hasundutan. Senam jangan hanya dilaksanakan saat ada kegiatan tapi dilaksanakan di seluruh sekolah dan di tengah-tengah masyarakat. (Diskominfo-HH)