Kementrian Parawisata Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas


Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang, SE, M.Si membuka secara resmi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona.

Doloksanggul-Menindaklanjuti program prioritas Kementerian Pariwisata tahun 2017 serta tata kelola destinasi pariwisata dan pemberdayaan masyarakat, pengembangan sektor pariwisata tidak semata mata hanya pada pembenahan sarana prasarana  lokasi wisata, hal tersebut dikatakan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, SE melalui Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang, SE, M.Si  dalam rangka kegiatan sosialisasi sadar wisata dan aksi pesona di Kabupaten Humbahas Senin (24/7) di Aula Hotel Martin, Doloksanggul.

Lebih lanjut Saul mengatakan, pengembangan pariwisata harus dibearengi dengan pembinaan dan peningkatan kualitas SDM melakukan kegiatan sosialisasi. Diharapkan dapat memberikan kesadaran agar memahami akan peran dan keberadaannya ditengah tengah kawasan lokasi wisata yang diharapkan perhatiannya.

Suasana Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Humbahas (24/7) yang dilaksanakan di aula Hotel Martin.

Untuk itu, dihimbau kepada peserta, melakukan kegiatan dilaksanakan secara nyata dan menerapkanya dilapangan. Dengan harapan pelayanan terhadap pengunjung wisata yang datang ke Humbahas bisa lebih baik dan memuaskan, sehingga para pengunjung akan lebih betah dan rindu berwisata ke Humbahas.

“Kami menghimbau kepada kita semua, agar dalam kesempatan ini mengikuti dengan sunguh-sungguh, melakukan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona secara nyata di tempat ini, dan nantinya diterapkan ditempat dimana Bapak/ Ibu berada.” Himba Saul.

Sementara itu, Deputi Bidang Kementerian, diwakili  Deputi Bidang pengembangan destinasi dan industri Pariwisata, Kementerian Paraiwisata RI Romi Astuti, SE, MM pada acara Sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona di Kabupaten Humbahas, sebagai gerakan mendorong peran partisipasi masyarakat dalam menciptakan iklim yang kondusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di wilayahnya dengan mengaktualisaksikan nilai nilai yang terkadung dalam sapta pesona agar menjadi prilaku sehari hari.

Kegiatan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona adalah tindak lanjut program prioritas Nomor 8 kementerian Pariwisata tahun 2017, asdep Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Pemberdayaan Masyarakat, dengan rangkaian kegiatan di provinsi Sumut tanggal 24-27, dengan materi sosialisasi dan masyarakat diajari suapaya sadar Wisata dan sapta pesona, sosialisasi pengolahan sampah dan pengelolaan toilet di Destinasi wisata, gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona.

Pemkab Humbahas, diwakili Sekdakab, Saul Situmorang, SE. M.Si memberikan cendramata kepada Kementerian Pariwisata yang diterima oleh Romi Astuti, SE. MM.

Ditambahkannya, pengelolaan sampah dan pengelolaan toilet di destinasi wisata merupakan bagian dari upaya mengimplementasikan sapta pesona untuk mewujudkan destinasi yang bersih dan sehat melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. “Narasumber yang akan dihadirkan dari Kementerian Pariwisata, Asosiasi Toilet Indonesia dan Praktisi Sampah” ujarnya.

Kementerian Pariwisata, diwakili Romi Astuti, SE, MM memberikan cendramata kepada Pemkab Humbahas, diwakili Sekdakab, Saul Situmorang, SE, M.Si.

Gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona ini dibuka secara resmi oleh Bupati Humbang Hasundutan, yang diwakili Sekdakab Saul Situmorang. Usai pembukaan, Pemkab Humbang Hasundutan memberikan cendramata kepada Kementerian Pariwisata berupa plakat dan sebaliknya.

Kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona dilaksanakan Kementerian Pariwisata bekerjasama dengan Pemkab Humbang Hasundutan ini diikuti 300 peserta dari semua kalangan.

Usai pembukaan, Romi Astuti, SE, MM, (pekang plakat), Sekdakab Humbahas, Saul Situmorang, SE, M.Si (pegang plakat) foto bersama sejumlah SKPD dan stakeholder.

Sebagai pembicara pada Sosialisasi ini, Asdep Tata kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Pariwisata, diwakili Romi Astuti, SE, MM, Drs. Vandeik simanungkalit, MM, dr. Budiman Simanjuntak, M.Kes dan dari BNNP Provsu. (Diskominfo-HH)