Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat


Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

IUMK dilaksanakan camat sebagai  perangkat daerah yang paling dekat dengan pelaku usaha, hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 83 Tahun 2014 tentang pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat.

Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi IUMK (1/8) di Doloksanggul, menyampaikan agar pelaksanaan Permendagri ini bisa segera dilaksanakan camat. Gubernur, Bupati ataupun Walikota diharapkan membuat peraturan di daerah masing-masing, sehingga ada legalitas camat dalam melaksanakan IUMK.

Bupati Humbang Hasundutan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekdakab, Saul Situmorang, SE, M.Si menyampaikan, sosialisasi ini merupakan tindaklanjut dari dikeluarkannya Peraturan Bupati Humbang Hasundutan Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro, Kecil kepada Camat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dengan didelegasikannya pelaksanaan IUMK, hal ini akan mempermudah pembiayaan ke lembaga keuangan baik bank maupun non bank.

Saul menambahkan bahwa dalam beberapa kesempatan Presiden Jokowi mengemukakan peran UMKM sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga perlu mengetahui hambatan yang dihadapi para pengusaha. Pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang Perizinan Usaha Mikro dan Kecil dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014.

Pemerintah bersama pengusaha perlu memperkuat potensi UMKM dalam menumbuhkan ekonomi kerakyatan, sehingga peraturan dimaksud untuk memberikan kepastian hokum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.

Saul mengajak peserta sosialisasi untuk mempergunakan kesempatan sosialisasi ini menyerap informasi-informasi dari narasumber dan mengaplikasikannya dalam menjalankan usaha di lapangan. Pemerintah mengucapkan terimakasih kepada kementerian yang memberikan perhatiannya kepada Kabupaten Humbang Hasundutan, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Usai membuka sosialisasi IUMK, Pemkab memberikan cendramata berupa plakat kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI, yang diwakili Ir. Karimudin, MM.

Dalam laporannya, Pelaksana Kadis Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian, Radna Fride Marbun, SE, M.Si melaporkan kegiatan ini diikuti 50 peserta, camat dan pelaku UKM. Turut hadir pada acara ini, Kepala Sub Bidang Perlindugan Legalitas Usaha dan Dampak Bencana Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kadis Kominfo Humbahas, Hotman Hutasoit.

Pada kesempatan yang sama disela-sela acara, Camat Paranginan, Pardomuan Simanullang, SPd, MPd menyampaikan kepada media, dengan peraturan bupati ini, para pelaku usaha mikro, kecil sudah memiliki payung hukum, dan pengurusan izin sudah jauh lebih mudah, hal ini akan mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan usahanya. “kami yakin, dengan terbitnya perbup ini, pelaku usaha akan terdorong untuk meningkatkan usahanya karena sudah memiliki izin usaha, tentu kami sebagai camat akan memberi pemahaman dan sosialisasi perbup ini.” Ujarnya.(Rel/ ST/ Kominfo)