Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat


Doloksanggul-Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula Huta Mas Doloksanggul, Rabu (18/10).

Sambutan tertulis Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE yang disampaikan Drs AP Marbun mengatakan secara pribadi merasa bangga atas peran aktif tim penggerak PKK dalam upaya pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan. Terutama yang dilaksanakan melalui desa percontohan pelaksanaan 10 (sepuluh) program pokok PKK yang telah di programkan setiap tahunnya. Dimana tim penggerak PKK Kabupaten Humbang Hasundutan telah mampu memberikan dampak yang positif dalam merevolusi mental masyarakat dalam mengubah perilaku dan pola hidup keluarga melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteran keluarga dengan pembinaan dan sosialisasi 10 program pokok PKK di desa-desa percontohan hingga saat ini. Hal ini dapat dilihat bahwa mulai terjadi kesadaran dalam masyarakat untuk mau merubah pola hidup dengan membudayakan kerja keras menuju keluarga sehat sejahtera                                                                                                                      

PKK  kecamatan dan tim penggerak PKK desa serta badan/dinas/instansi  terkait sebagai  anggota tim pembinaan dan dukungan dalam pelaksanaan gerakan PKK di desa percontohan. Sehingga mampu memberdayakan masyarakat  yang  ada pada desa percontohan dan sekaligus juga mampu menghantarkan desa-desa kita meraih prestasi di tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk mengharumkan nama Kabupaten Humbang Hasundutan. Untuk  itu pupuk dan jalin hal-hal baik yang telah berjalan sehingga TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Humbang Hasundutan baik di tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional.                                                                                                                       

PKK  sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga melalui para kadernya. Karena keluarga merupakan pondasi awal dan modal dasar pembangunan serta keluarga sebagai lingkungan sosial pertama dalam kehidupan manusia. Dari keluargalah diharapkan dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat lahir generasi penerus bangsa yang dapat menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan khususnya di Kabupaten Humbang Hasundutan. Oleh karena itu, melalui pelaksanaan jambore ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, motivasi, dan peran serta tim dan kader penggerak PKK dalam pemberdayaan dan pembinaan masyarakat ke depan. Selanjutnya, Bupati Humbahas berpesan  kepada seluruh kader PKK dan peserta jambore agar kegiatan ini dapat di jadikan wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi,saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang meningkatkan kemampuan yang ada pada setiap kader untuk menunjang terwujudnya keluarga sehat dan sejahtera. Berbagai perlombaan yang diadakan sebagai rangkaian acara jambore PKK ini outputnya yang diharapkan adalah melahirkan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi dari para kader. Sehingga berdampak kepada masyarakat agar dapat lebih berdaya dan maju pemberdayaan terhadap kader-kader PKK mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap pelaksanan 10 program pokok PKK. Dan apabila program ini dapat terwujud tentunya akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan masyarakat.                                     

Bupati Humbahas mengharapkan kepada para pimpinan SKPD selaku anggota pembina tim penggerak PKK kabupaten, kiranya  memberikan dukungan,bantuan dan fasilitasi terhadap tim penggerak PKK. Sehingga gerakan PKK dapat memberikan dukungan,bantuan dan fasilitasi terhadap tim penggerak PKK, sehingga gerakan pkk dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya peningkatan kecerdasan dan kehidupan masyarakat khususnya di pedesaan. Sehingga dapat mewujudkan Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul.                                                                                             

Khusus kepada camat dan kepala desa percontohan pelaksanaan 10 program pokok PKK dan desa yang diperlombakan ke tingkat provinsi tahun ini, diharapkan lebih giat lagi menggalakan budaya gotongroyong di kecamatan masing-masing. Sehingga melalui gotongroyong yang dibangun penuh rasa persaudaraan dan penuh tanggung jawab terhadap pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan. Setelah jambore ini dii
kuti, dapat membawa perubahan yang berarti bagi masyarakat baik itu tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.                                                       

Sementara Ketua TP PKK Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor mengatakan gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah,pengelolanannya dari,oleh,dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, lahir dan batin.               Untuk mengelola gerakan ini,tim penggerak PKK Kabupaten Humbang Hasundutan, setiap tahun dalam program kerja melaksanakan pelatihan bagi kader-kader  PKK  yaitu LP3  PKK (latihan pengelolaan program dan penyuluhan   dan  pemberdayaan dan  kesejahteraan keluarga).  Yang bertugas membingbing dan membina  pelaksanaan 10 program pokok PKK.  Program pelatihan seperti ini telah dilaksanakan pada bulan Mei 2017 yang lalu. Ini dipandang tepat dan menjadi wahana yang cukup strategis karena dilaksanakaan seiring den
gan semangat untuk meningkatkan pengetahuaan,keterampilan,dan kemanpuan bagi tim penggerak PKK  dan para kadernya untuk lebih mampu dan profesional dalam melasksanaan  peran dan fungsinya memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Hasil dari pelatihan di harapkan tugas dan fungsi kader dapat terlaksana yaitu sebagai penyuluh untuk memotivasi keluarga/masyarakat. Sebagai penggerak yakni menggerakkan keluarga/masyarakat agar mau melaksanakan program-program yang di perlukan. Se
bagai pencatat sederhana sesuai dengan catatan yang ada di kelompok dasawisma dan lain lain.

Tugas dan peran tim  penggerak PKK Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai mitra kerja pemerintah adalah memberhasilkan setiap program SKPD terkait, selaku anggota pembina tim penggerak PKK antara lain pembangunan kesehatan melalui program PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), LBS (lingkungan bersih dan sehat), posyandu, PKK-KB-Kesehatan. Peningkatan ekonomi sebagai upaya pengentasan kemiskinan melalui program UP2K PKK (usaha peningkatan pendapatan keluarga). Pemanfaatan lahan pekarangan (hatinya PKK). Pembangunan pendidikan melalui program PAUD, BKB (bina keluarga balita) PK2K (pola asuh anak
dalam keluarga). Pembangunan karakter, mental spritual melalui PPBN (pendidikan pendahuluan bela negara), PKDRT (pencegahan kekerasan dalam rumah tangga.

Dikatakan lagi, Kader-kader PKK sebagai kader pembangunan harus memiliki wawasan pengetahuan tentang program pemerintahan. Data tahun 2017 jumlah kader PKK di Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai laporan tahunan dari tim penggerak PKK kecamatan sebagai berikut, keder umum 3.880 orang dan kader khusus 210 orang di 153 desa ditambah 1 kelurahan. Oleh karena itu, jambore kader PKK mengambil thema “melalui jambore kader PKK, budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan keluarga indonesia sejahtera”. Thema ini mengandung makna mendasar, bahwa upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga juga merupakan tugas para kader PKK melalui penyuluhan di tengah-tengah keluarga dan masyarakat.

Melalui jambore kader PKK ini harus pula dijadikan waktu yang tepat untuk meningkatkan tanggungjawab bersama dalam menciptakan visi Pemerintahan Kabupaten Humbang Hasundutan. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, Ketua TP PKK kabupaten Humbang Hasundutan mengajak kader-kader PKK mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan dan dasawisma agar tetap  bergandengan tangan membangun Humbang Hasundutan.

Kadis PMDP2A Drs Vandeik Simanungkalit MM dalam laporannya menjelaskan jambore kader PKK bertujuan memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang dilaksanakan seluruh Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat. Kemudian meningkatkan motivasi para kader PKK untuk lebih tahu, mau dan mampu melakukan penyuluhan 10 program pokok PKK ditengah-tengah keluarga dan masyarakat. Selanjutnya untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar kader PKK di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Beragam kegiatan dalam acara jambore itu yaitu lomba devile kecamatan, lomba yel-yel Iva Test, lomba lagu dan yel-yel Paar, lomba duta/penyuluhan Iva Test, lomba penyuluhan PHBS, lomba desain kembaran seragam kerja PKK, lomba promosi UP2K PKK, lomba penyuluhan KB, lomba kreasi APE dan lomba penyuluhan gotong-royong/kebersihan lingkungan. Setiap lomba dinilai dan diberikan hadiah.  

Sesuai dengan hasil rekapitulasi tim juri, devile kecamatan juara I Kecamatan Tarabintang, juara II Pollung dan juara III Paranginan. Yel-yel Iva Test, juara I Kecamatan Baktiraja, juara II Lintongnoihuta dan juara III Pollung. Yel-yel dan lagu Paar, juara I Lintongnihuta, II Baktiraja dan III Paranginan. Duta Iva Test, juara I Baktiraja, II Lintongnihuta dan III Paranginan. PHBS juara I Doloksanggul, II Sijamapolang dan III Pollung. Desain, juara I Pollung, II Parlilitan dan III Sijamapolang. UP2K PKK, juara I Doloksanggul, II Lintongnihuta dan III Paranginan. KB, juara I Onanganjang, II Sijamapolang dan III Baktiraja. APE, juara I Doloksanggul, II Pollung dan III Sijamapolang. Gotongroyong, juara I Parlilitan, II Pakkat dan III Tarabintang. (rhs/Diskominfo)