BUPATI HUMBAHAS DOSMAR BANJARNAHOR SE KUKUHKAN KEPENGURUSAN LADN


Doloksanggul- Dalam rangka meningkatkan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dengan masyarakat untuk mencapai visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan yakni Mewujudkan Humbang Hasundutanyang hebat dan bermentalitas unggul.  Pemkab Humbang Hasundutan mengadakan pertemuan dengan Lembaga Adat Dalihan Na Tolu dan tokoh-tokohmasyarakat Humbang Hasundutan di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Senin (24/7).

Pertemuan tokoh adat dan tokoh masyarakat itu dihadiri Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, Wakil Bupati Humbang Hasundutan Saut Parlindungan Simamora, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi, Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing MIP dan beberapa pimpinan SKPD termasuk Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit. Sedangkan pihak Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) dan tokoh masyarakat dihadiri antara lain RW Manalu, Aslin Simamora, Horas Munthe (Kades Bona Ni Onan, Warluy Simamora, Charles Pasaribu (Kades Pasaribu), Barita Sihite, Patar Simamora, Tigor Munthe, St Parulian Situmorang SPd, Maju Lumbangaol SH, Dirman Sinambela, St Wilson Sibarani, Manat Silaban, Mula Sihombing dan tokoh-tokoh adat/masyarakat lainnya.

Dalam pertemuan itu, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE mengatakan bahwa pertemuan LADN ini merupakan langkah awal yang baik dalam pelestarian budaya Batak dan penghargaan terhadap pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja. LADN dan tokoh masyarakat di Humbang Hasundutan diharapkan mampu untuk mengakomodir tokoh adat dari 153 desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Humbang Hasundutan.  Masyarakat adat harus bersatu karena secara adat masyarakat Batak Toba berada dalam satu kesatuan dalam hubungan sosial sesuai dengan Dalihan Na Tolu. Meskipun berbeda marga tetapi seluruh masyarakat Humbang Hasundutan harus bersatu untuk mewujudkan Humbang Hasundutan yang hebat dan bermentalitas unggul.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengharapkan agar  LADN harus bersatu untuk mendukung Danau Toba sebagai destinasi wisata Internasional. Kadis Kominfo Drs Hotman Hutasoit mengatakan dalam pertemuan yang bersifat diskusi itu, banyak masukan dan saran-saran yang diberikan oleh tokoh masyarakat maupun tokoh adat, terkait LADN dan Humasta. Tokoh masyarakat dan tokoh adat sepakat bahwa Lembaga adat yang bernaung di LADN dan Humasta sudah terjadi kesepakatan menjadi Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN).  Dalam pertemuan itu kepengurusan LADN terpilih secara aklamasi dan dikukuhkan Bupati Humbang Hasundutan.

Setelah ada kesepakatan, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE mengukuhkan kepengurusan LADN yang baru yang merupakan hasil musyawarah mufakat tokoh masyarakat dan adat. Kepengurusan LADN yang dikukuhkan, Ketua LADN Patar Simamora, Wakil Ketua Tigor Munthe, Sekretaris St. Parulian Situmorang SPd, Wakil Sekretaris Maju Lumbangaol SH, Bendahara Dian Sinambela  dan Wakil Bendahara St Wilson Sibarani. (REL/Diskominfo)